Saturday, November 29, 2014

mengapa kapal bisa mengapung


Kapal Dibuat oleh Perancangnya agar bisa Mengangkut barang sesuai keinginan, memiliki kemanan dan kenyamanan, yang layak untuk awak dan muatan nya agar bisa digunakan sebagai alat transportasi.
Mengapa kapal bisa Mengapung di Lautan? Itu lah kebesaran Pencipta Alam smesta, dimana semuannya di ciptakan sesuai takaran masing-masing, dan telah direncanakan secara detail untuk dimanfaatkan Oleh manusia.
Fenomena Mengapungnya Kapal di laut terjadi karena Interaksi antara  Gravitasi bumi, Air dan Badan Kapal. Gravitasi bumi adalah gaya yang mengakibatkan masa benda mempunyai berat, tanpa gravitasi benda sebesar apapun masa benda  tidak akan mempunyai berat. Karena Gravitasi ini pula lah air menjadi memiliki sifat menolak benda lain yang berada di dalamnya menjauh dari pusat gravitasi, dimana besar gaya penolakan ini sama besar dengan gaya berat air yang dipindahkan oleh volume badan benda tersebut yang berada di dalam air. (Prinsip Archimedes= "Jika suatu benda dicelupkan dalam zat cair maka benda tersebut akan mendapat tekanan ke atas yang sama besarnya dengan besarnya dengan zat cair yang terdesak tersebut". ) Demikianlah interaksi yang terjadi antara Kapal, Gaya Gravitasi, dan air, Gravitasi lah yang membuat kapal di air cenderung menjadi tenggelam, dan airlah yang memberi daya angkat benda tersebut ke atas, dan gravitasi yang menjadikan air menekan benda tersebut ke atas.
Akan Tetapi dalam Prakteknya Pembuatan kapal    bukan hanya seputar kemampuan apungnya, akan tetapi mencakup hal-hal lain seperti keamanan, kenyamanan, kemudahan dan efektifitas. sebagai alat transportasi.
Dengan demikian kapal mesti dibuat sedemikian rupa agar badannya bisa memindahkan air dengan jumlah yang cukup, untuk mengapungkan badan kapal tersebut dan muatan yang ada di atasnya, aman, mudah digunakan, dan efektif dalam pemakaian.

No comments:

Post a Comment